7 Mitos Asuransi Jiwa

7 Mitos Asuransi Jiwa

Produk asuransi saat ini telah menjadi kebutuhan finansial masyarakat umum namun kesadaran akan kebutuhan produk ini masih terbilang rendah. Banyak pendapat yang mengatakan terdapat kerugian dan keterbatasan yang akan diperoleh setelah membeli produk asuransi. Apakah benar demikian?

Hal ini harus dikoreksi. Asuransi jiwa merupakan sebuah kebutuhan finansial dan perencanaan keuangan masa depan. Beberapa mitos menjadi penyebab kurangnya kesadaran masyarakat dalam mendapatkan benefit yang maksimal dari produk ini. Saat menghadapi masalah di masa depan, orang tersebut baru menyadari manfaat yang seharusnya bisa diperoleh. Untuk menghindari opini masyarakat yang belum tentu valid kebenarannya, anda dapat menyimak mitos-mitos populer dari asuransi jiwa di bawah ini.

1. Asuransi jiwa adalah produk mahal

Anda dapat menyesuaikan premi asuransi yang akan anda beli dengan kebutuhan dan kemampuan anda. Usia dan kondisi kesehatan adalah tolak ukur yang mempengaruhi nilai premi, semakin muda dan sehat seseorang, maka semakin rendah pula premi yang akan dibayarkannya. Periode pembayaran premi juga bisa anda pilih sesuai keinginan anda, baik tahunan atau bulanan. Saat kondisi finansial anda semakin baik, anda juga bisa menambah nilai premi anda.

2. Semua kebijakan dan kualitas asuransi sama

Produk, baik dari industri finansial maupun lainnya, akan selalu memiliki kebijakan yang terkadang menguntungkan atau merugikan. Terkadang kebijakan ini menggunakan pernyataan yang identik, namun substansi didalamnya bisa jadi berbeda. Untuk itu, dalam memilih produk asuransi anda harus jeli membaca kebijakan pembeliannya dan jangan hanya membandingkan harganya saja.

3. Jika perusahaan sudah meng-cover asuransi, untuk apa lagi membeli asuransi?

Banyak perusahaan memberikan benefit berupa asuransi kepada pegawainya dengan nilai cover yang cukup tinggi. Namun apakah si pegawai akan selamanya bekerja di perusahaan yang sama? Resiko yang akan anda temui mungkin saja terjadi tanpa anda duga. Jangan sampai anda terlambat untuk mengantisipasi kerugian yang diakibatkan dari resiko tersebut.

4. Orang berusia muda dan single tidak membutuhkan asuransi

Meskipun anda belum menikah, hampir semua orang akan meninggalkan beban pada keluarga atau saudara saat meninggal dunia. Beberapa diantaranya adalah hutang, pinjaman, cicilan hingga biaya pemakaman. Umumnya kebijakan asuransi akan memenuhi biaya-biaya ini. Masalah kesehatan juga dapat ditanggung dengan pembiayaan dari asuransi.

5. Hanya orang berkeluarga dan mempunyai anak yang butuh asuransi

Kebutuhan asuransi akan sangat membantu bagi anda yang memiliki anak, telah menikah atau memiliki anak berkebutuhan khusus. Namun orang dengan status lajang tidak lepas dari manfaat asuransi. Saat menjadi sumber nafkah bagi keluarganya, orang tersebut dapat mewariskan klaim asuransi bila terjadi resiko pada dirinya. Hal ini dapat menyelamatkan keuangan keluarga bila terjadi resiko yang tak terduga seperti meninggal dunia.

6. Ibu rumah tangga tidak membutuhkan asuransi

Meskipun anda tidak memiliki penghasilan tetap, anda tetap harus memenuhi kebutuhan rumah tangga seperti perawatan anak ketika sakit, perbaikan rumah dan pembelian alat rumah tangga. Bila terjadi resiko yang tak diinginkan pada suami seperti meninggal dunia atau penyakit kritis, anda menjadi pihak yang harus memenuhi semua kebutuhan tersebut. Asuransi dapat membantu anda dalam memenuhi kebutuhan hidup saat anda tidak lagi didampingi pasangan.

7. Membeli asuransi itu rumit dan merepotkan

Proses pembelian asuransi hingga terbit polis memang memakan waktu, namun saat ini anda tidak perlu kerepotan mengunjungi kantor cabang penyedia jasa asuransi. Agen asuransi yang didelegasi akan mengunjungi lokasi dan waktu yang anda tentukan. Mereka akan memproses aplikasi anda hingga selesai dan anda hanya tinggal menunggu terbitnya polis. Website jasa asuransi juga dapat anda akses untuk mengetahui manfaat dari asuransi yang anda beli. Melalui internet anda juga dapat membandingkan beberapa merk asuransi secara online. Bila anda merasa kurang jelas, anda dapat menjadwalkan kembali pertemuan dengan agen anda.

GMS Financial akan membantu memenuhi kebutuhan asuransi optimal yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi finansial anda. Kami menawarkan produk asuransi internasional dalam kurs mata uang asing (USD, GBP, EUR) Untuk mendapatkan penawaran terbaik kami, silahkan klik link di bawah ini.

2018-03-29T13:06:04+00:00 July 28th, 2016|Bahasa|0 Comments

Leave A Comment